Text
Peran Mata Pelajaran PPKn Untuk Menekan Degradasi Moral Dalam Penggunaan Media Sosial (Studi Kasus Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Jakarta Selatan)
Perkembangan zaman yang sangat pesat ditandai dengan kemajuan teknologi salah satunya internet. Menurut data yang dirilis oleh We Are Social pada Januari 2022 menyatakan bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 205 juta, yang berarti terdapat 73,7% dari penduduk Indonesia. Dari kemajuan teknologi tersebut tidak selalu memberikan dampak positif tetapi juga dampak negatif seperti penggunaan media sosial yang digunakan sebagai alat untuk berkomentar negatif dan memposting hal-hal tidak senonoh, yang disebut dengan degradasi moral. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti menggunakan mata pelajaran PPKn untuk menurunkan kasus degradasi moral yang terjadi pada remaja. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif (mix methods). Pada metode kualitatif peneliti membuat kuesioner untuk diberikan kepada responden dan pada metode kuantitatif peneliti membuat tes hasil belajar untuk mengukur kemampuan para pelajar dalam memahami mata pelajaran PPKn. Peneliti mendapatkan hasil sebanyak 40% responden menjawab setuju bahwa mata pelajaran PPKn dapat menekan degradasi moral remaja di era digital dan sebanyak 38,3% menjawab sangat setuju. Maka dari itu, nilai-nilai mata pelajaran PPKn efektif untuk menekan degradasi moral pada remaja dalam bersosial media karena mata pelajaran PPKn mengajarkan nilai-nilai moral dan etika kehidupan sehari-hari yang dapat digunakan oleh para pelajar sebagai pedoman dalam bermedia sosial yang baik dan benar.
R0007 | 607.2 DAV p | Perpustakaan MAN 11 Jakarta | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain